Menyapa Kembali



Siang, Mentari. Lama tak kutuliskan hari-hari. Ada pengingat yang menghampiri. Sekilas ia datang selama tujuh hari. Barangkali jawaban kata hati, suatu ketika ia pernah ingin sejenak mengistirahatkan diri. Saat itu, aku mengingat kembali, dan melihat kembali, bagaimana orang-orang yang begitu tampak kuat dan bahagia menjalani hari-hari yang begitu berat dan melelahkan. 

Aku melihat lagi. Bahwa ada hati lainnya yang semakin lelah ketika aku sakit. Ketika memilih menyerah, ada orang lain yang harus berkorban banyak. Ada yang harus kembali. Jika fase hidup ini naik pada tahap berikutnya, ada raga yang harus semakin kuat dan jiwa yang semakin siap.

Aku melihat lagi. Bahwa ada perbaikan-perbaikan atas diriku yang bisa aku lakukan. Akhirnya waktu itulah aku benar-benar melihat kembali. 

Jika ada jiwa yang belum siap, marilah pelan-pelan kita belajar. Jika ada noda di masa lalu, marilah pelan-pelan kita bersihkan. Jika tak mungkin, maka hati-hatilah dengan masa kini dan masa depan. Selamat datang kembali diriku. :) 

14 Oktober 2021