Tips Kelola Keuangan



Dulu keuanganku berantakan 😂 Bahkan sebelum nikah nggak pernah nyatet pemasukan pengeluaran karna ada sandaran hidup 😂 Makan nggak mikir beli sayur apa ikan apa. Listrik nggak bayar. 😁

Setelah hidup semi-mandiri semuanya mulai diperhitungkan 🙊 Bukan perhitungan banget alias sulit ngeluarin uang, tapi lebih ke mengatur prioritas dalam keuangan untuk tujuan rumah tangga 😂 (udah kayak apaa aja).

Belajar. Aku belajar menata finansial dg baca dari pakar personal finance. Tips biar bisa nabung tapi juga tetep happy adalah planning dengan metode 50 30 10 10.

Apa maksudnya?

50 persen untuk kebutuhan kita. 30 persen untuk cicilan, kayak BPJS, Listrik dan sebagainya. 10 persen untuk nabung. Dan 10 persen lagi buat infaq.

Nah, awalnya aku pakai itu ya. Terus aku mikir karna kebutuhan masa depan kayak sekolahnya anak terus kebutuhan lain-lain itu banyak. Jadi akhirnya berubahlah presentase itu 😂

Model itu boleh kok dimodifikasi sesuai butuhnya kita.

Dia itu cuma acuan yang disarankan oleh ahli aja. Tapi kondisi tiap orang tentu akan membuat persentase itu berubah.

Aku bersyukur sekarang persentase infaq sama tabungannya lebih besar karna meneladani orang-orang bijak (ya). Katanya lebih baik itu kita berhemat buat diri sendiri dan dermawan buat orang lain.

Kisah yang aku inget salah satunya sayyidina Ali Zainal Abidin. Disamping terkenal karena sedekah beliau yang tersembunyi, beliau juga rela hidup sederhana untuk beramal bagi orang yang membutuhkan.

Meski faktanya aku juga jauh banget dari itu ya 😂😂😂😂 Oke setidaknya kita sudah berusaha

Sekian tips dari saya 😊♥️

Oya aku pakai aplikasi iSaveMoney dari Play Store ya