Senin, 09 Februari 2015

Syarat mendapatkan rahmat Allah

19 Robiul Tsani 1436H
KH Abdul Wahid Ghozali
Jika ingin rahmat Allah syaratnya :
1. Sayang pada diri sendiri. Sebagaimana pada hadist Nabi "Sayangi diri kalian, maka Allah akan menyayangi kalian." Bentuk sayang pada diri sendiri adalah taat pada perintah Allah : solat. taat pada sunnah Allah misalnya tertib lalu lintas supaya selamat, menghindari pantangan makanan yang dapat memicu penyakit yang dimiliki. Sunnah Allah adalah sesuatu yang logis, hukum rasionalitas alam.
2. Sayang pada sesama manusia "Barang siapa yang memerangi non-muslim yang tidak menyakiti muslim, maka dia benar-benar memerangi aku" sabda Nabi Muhammad saw. Bentuk lain sayang terhadap sesama manusia adalah rukun, tidak bertengkar, tidak merengut wajahnya, peduli dengan tetangga,peduli dengan lingkungan sosial (supaya tidak ada yang narkoba, dan kriminal lainnya), peduli dengan masjid. Sesungguhnya Allah menciptakan manusia berbeda-beda supaya saling mengenal. Diantara manfaat rukun adalah menarik rahmat Allah.
3. Menyayangi makhluk Allah "Irhamu man fil ardl, yarhamkum man fissamaa'" sabda Nabi Muhammad saw Sayangilah yang ada di bumi, maka kamu akan disayangi yang ada di langit.

*Niat penulis hanya menyampaikan ilmu yang didapat. Semoga Allah mnjadikan penulis mengamalkan ilmu yg didapatkan spya tdak sia2 ap yang disampaikan dan bermanfaat bg dirinya sendiri 
*Silahkan Share yang mau berbagi ilmu

0 comments:

Posting Komentar

 

Reddish Pink Template by Ipietoon Cute Blog Design