Sabtu, 09 September 2017

Bahagia lah

Ketika kita ingin menuliskan, tapi keraguan itu datang. Teman, aku minta maaf jika satu ketika kalian harus bertemu dengan seorang Kurnia yang masih dalam proses pencarian jati diri dan belum menemukan pencerahan.
Aku hanya bisa memandangmu, menyampaikan maaf dari hatiku, lalu terkadang tersenyum padamu. Aku tak tau apakah itu adalah senyuman yang kau abaikan seperti dulu yang ku lakukan atau bagaimana. Tapi saat ini semoga hatiku menetapi satu hal, aku bahagia melihatmu bahagia. :)
.



Senin, 04 September 2017

Bayang, Cahaya, Renungan

Di sebuah sudut ruang, ia menatap sedikit cahaya. Ingin ditulisnya sebuah bait, lalu diurungkannya. Katanya, puisi adalah makhluk yang terlahir dari cipratan perasaan yang meloncat dari wadah bernama hati. Tak ada jendela berair di hadapannya, seperti waktu itu. Hanya ada angan dan sisa-sisa perenungannya yang sempat mendorong sarafnya memproduksi air mata.

Ia kemudian teringat pada masa kecilnya, di tengah bermain-main, ia melihat ibunya menatap langit-langit cukup lama lalu meneteskan air mata. Pilihannya. Ketika mundur tak bisa, seperti sejarah yang tak mungkin diralat kecuali dengan melakukan tindakan saat ini yang akan menjadi bagian sejarah itu sendiri. Satu dua detik, menit, jam, hari, tahun, windu, dasa hingga mendekati abad atau melebihinya. Akan ditentukan separuhnya dari pilihannya kini.


Halo

Rebah, pohon, dan rerumputan
Kicau, air, dan angin angin
Izinkan aku rebah dalam
Permainanmu

Senin

Api bulat
Mengisi jantung, mata,
dan jemari

Sepi

Manusia rona menyeru
dari balik tirai
"Turun.. Naik.. Turun..!"

Ah. Le lah

Saudara
di pojok sana
Menggumam
Menyulut simbol terdiam

Air, tak mampu membuat mereka seri
Binar
Seperti gemerlap cahaya

Merasa Sedikit

Sendiri itu tidak menyenangkan
Seringkali
Meski kita butuh waktu sendiri
Nyatanya
Terkadang pikiran kita pun tak menyendiri
Selalu mencari teman
Umumnya

Jumat, 01 September 2017

Takbiran Keliling

Maciaat buk :)
 Coba tebak itu gambar apa? Mobil wkwk ya iyes lah ya.. wkwk.. Gambar-gambar ini nyeritain serunya takbiran keliling di kelurahan Dinoyo tempat desa ayas. Nah ini pertama kalinya lo aku liat takbiran keliling wkwk biasanya aku insider dalem rumah aja.. Sebenernya pas mau ikut itu aku uda siap, tapi aku ketiduran abis solat magrib jadi para rombongan rt uda pada berangkat wkwk. 
Bisa dilihat macem-macem mobil karnaval, pemirsa. Ada yang pake lampion bentuk bintang, pake dekorasi bali, trus bikin replika onta! lucu banget wkwk

Trus trus... Gimana nih maen musik sambil takbiran kok kayaknya gak islami banget?
Maaf neng, abang. Inti dari islam adalah menyampaikan kebaikan untuk menyeru kebaikan membuat kita lebih baik dan orang lain lebih baik. Dan apa musik itu nggak islami? Kenapa kok pakek takbiran keliling segala?

Inilah cara islam menyebar dengan cara yang damai dan menghargai budaya lokal. Budaya atau kebiasaan masyarakat asli itu adalah identitas seseorang, selama tidak merusak batin kita dan kesucian hati kita ya tidak masalah. Musik yang justru intinya bisa mengajak kita taat itu baik. Seperti kata Mbah Yai pengasuh pondok Tegalrejo "Maksiat yang mengantarkan taat lebih baik daripada taat yang menghasilkan riya"

dan ada juga kalam ulama "Ambillah yang baik dari nilai yang baru, dan pertahankan nilai baik yang ada sebelumnya". 

Dengan cara ini Islam itu bisa tertanam di hati kita, menjadi manusia yang menyayangi dengan menghargai kesukaan orang lain. Coba bayangkan, kalau kita kafirkan musik, hidup jadi serius terus, tanpa seni, hidup terasa kaku. Kita jadi benci orang yang muter musik, meskipun misalkan dia baik, suka menolong, tidak sombong, rajin menabung. Eh. wkwk

Jadinya kalau kita benci dia, dia benci kita, mana islamnya? Apa islam mengajarkan kita menebar kebencian? Padahal justru islam mengajarkan kita jangan merasa lebih baik dari orang lain. Buktinya Alloh bilang "Siapa yang rendah diri, Aku angkat derajatnya. Siapa yang somboh, Aku rendahkan derajatnya." :) Jadi aku pun mulai baru ikut acara beginian wkwk ^^

lampionnya macem2, kayak kincir angin yang belakang itu

Part of My Study





Alhamdulillah di sebagian perjalanan kuliahku, 21 Agustus senin beberapa minggu lalu uda terlewati ujian seminar proposal dengan pak Riza dan pak Arda. Hehe. Sebenarnya pak Riza humoris banget orangnya cuman pas akunya emang serius yah.. Jadi gitu deh. Alhamdulillah ga banyak kesulitan. Dan hal yang bikin bersyukur lagi kehadiran temen-temen di sempro, ada temen-temen ipnu ippnu ub dan temen angkatan. :) It's happy to see ya again. Makasi juga buat semua yang dikasih, ucapan, jajan, dan coklat, dan apa pun itu. Makasih banyak semoga bisa segera nyusul ya yang belum sempro dan dipermudah semua urusannya buat yang uda wisuda, mbak Wiwit :)

Rekan Rekanita IPNU IPPNU. Photo by masnya
Jajan :D wkwk akhirnya dimaem bareng <3

 

Reddish Pink Template by Ipietoon Cute Blog Design