Minggu, 17 Juni 2018

Mijeti Keyboard


Lagi pengen nulis nih wkwk terinspirasi kata cak nun (lagi dan lagi) kalau nulis itu adalah tugas tangan kita buat nulis, sedangkan mikirnya itu masalahnya Yang Menciptakan akal kita. Dalam dua hari, Mbah Nun curhat menulis 40 tulisan. Luar biasa. Dan itu (menulis) sudah beliau aktif lakukan sejak beliau masih muda tahun 1980 an atau bahkan sebelumnya.

Menulis, bikin lagu, drama, main film (eh?) produksi acara tipi, apa lagi ya.. banyak lah pokoknya..
Sangat bermanfaat dan reflektif, terlebih beliau tidak lepas dari inspirasi ayat-ayat Alloh. Bayangkan, waktu dulu beliau kecil sehari pernah khatam Quran 7 kali gara-gara njupuk pelem e tonggo. Ceritane iku diseneni ibuk e Mbah Nun.. trus dihukum ngatamno Quran 7 kali (iki aku moco ndek buku Kaki Sang Kiai nek nggak salah)

Itulah cerita tipis-tipis tentang Mbah Nun.

Satu lagi yang teringat dari Mbah Nun adalah tentang kebenaran, kebaikan, lalu keindahan. Ketiga hal yang berurutan. Dari dalam. Kebenaran itu dari dalam diri masing-masing orang, dengan persepsi yang berbeda-beda, akan tetapi setiap orang menyaring dari kebenaran itu bagaimana ia mengucapkan dan bertindak agar tercipta kebaikan, fastabiqul khoirot, demikian perintah Al-Quran, bukan memperdebatkan kebenaran.

Selanjutnya, ketika kita tidak berdebat tentang kebenaran sendiri dan orang lain, kita melakukan kebaikan-kebaikan, maka akan muncul keindahan. Betapa indahnya hidup ini kita lihat jika setiap manusia tidak ribut tentang kebenaran, tapi berusaha berbuat baik. Inti yang menjembatani kebenaran dan keindahan, agar yang benar bisa menjadi indah, adalah dengan berbuat baik, bukan dengan bertengkar atau menyakiti yang lainnya.

Next, menurutku, 'jembatan' itu lah yang menjadi titik ujian kita. Alloh sampai berkali-kali mengingatkan dalam Al-Quran. Contohnya dalam Ar-Rohman, Alloh curhat kalau Dia sudah menciptakan keseimbangan, keindahan di dunia ini, makanya jangan dirusak keseimbangan itu. Dalam ayat lain, jangan dirusak keindahan yang Alloh ciptakan setelah Alloh memperbaiki (bakda ishlaahihaa). Wes genah-genah dibenakno malah menungso tukaran, nggarai ajor kabeh..

Lah..
Itu godaan manusia, termasuk aku juga rek.. aku menungso .. wkwk.. Ujian berbuat baik.. agar tercipta dan terjaga keindahan, keharmonisan hidup ini.. Hmm.. Berbuat baik iku nggak mesti ribet-ribet juga rek sama negara atau dunia.. Salah satu sederhananya adalah kepada orang yang mencintai kita. wkwk Anggap saja pasangan hidup atau teman hidupmu rek.. Aku dewe gurung rabi lo wkwk.

Cuman nek aku ndelok wong-wong seng wes rabi iku.. Yo mbuh yo opo critane ya.. Kok beberapa iku rame ae wkwk omel-omelan.. Seng harmonis, ayem tentrem iku koyok e seringe manten anyar.. Barang wes suwe ngono tak amati kok yoo.. Wonge biasa ae ii.. Aku gak ngerti ngkuk nek aku rabi yok opo wkwk. Nek khayalan e atau imajinasi e se.. aku yo gurung iso bayangno rek.. Kiro-kiro ngkuk aku iso ayem tentrem opo yo opo.. tapi yang jelas memang harus diusahakan, dan tidak bisa diusahakan salah satu.. Harus sama-sama mengusahakan

Selama ini aku yoo mek dadi pengamate wong seng wes ibar ae hahaha.. yo ngono lo rek.. sebagai perempuan yang sedikit belajar feminisme.. aku kadang yo ngrasakno.. onok sg modele pas sing wedok duwe gawe, slametan, ater-ater.. masak-masak nggawe panci gauede ngono iku sing bojone iku yo gak peka.. angkot-angkot panci dijarno ae.. boyok loro kabeh yo dijarno ae.. doh kah mesakne.. salah nek wes mari mangan ora dikorai, seng wedok diceluki.. nyoh tugasmu kae.. Yawloh.. jan jan.. Prasane wajan karo panci ora abot.. wira-wiri angkot-angkot ora abot..

hoala

eh maleh cerito nang ndi-ndi.. tapi kadang yo bukan hanya masalah pekerjaan rumah tangga.. jenenge wong wes ibar iku kabeh dari hak lan kewajiban. bahkan masalah perasaan dan kekeluargaan rek.. wkwk biasane nek jomblo ngalor ngidul oo koyok yo opo wes.. tapi nek wes rabi.. sek kudu ijin, komunikasi, menjaga perasaan, memberikan kepercayaan. keluargane yo tambah akeh.. ngkuk ambek mikir dadi bendahara rumah tangga. ho ya.. wakeh.. aku ae saiki dadi anak nggak tau dipikiri ngono iku kok wkwk

halah yo wes ngono iku..

nek jare wong-wong dilakoni ae.. (aku kok maleh curhat ya) Wes.. ngene rek.. aku dewe yo mbuh sesuk-sesuk iku yo opo.. kadang yo rodok sedih aku kok wes gak arek cilik maneh yo wkwk biyen dolen sembarang wes, engklek, bekel, sebagainya iku.. saiki ancen wes tambah umur yo Alloh iku memberi kita tingkat kelas yang lebih tinggi.. sing dipikir luweh akeh.. termasuk bagi para jomblo sg mikir jawaban "kapan rabi?" wkwk

untung ngga ono sg takon nang aku wkwk

Selamat Lebaran

Selamat Lebaran :)
Selamat Lebaran jiwa-jiwa yang dirindukan keluarga, dinanti mereka yang dicinta. Buat yang belum bahagia, semoga Alloh mengirimkan senyuman dari arah tak terduga.



Hmm belum sempet foto keluarga besar wkwk. Banyak om dan tante yang masih di kalimantan, semoga next timekita segera ketemu dan menjalin silaturahim lagi. :)

posted from Bloggeroid

Rabu, 06 Juni 2018

._.

Terkadang, aku merasa lelah
Terlalu banyak mengambil amanah, sedangkan aku belum bisa menata diriku sendiri.
Di saat seperti itu, entahlah. Aku tak mungkin mengeluh pada orang lain rasanya. Sedangkan melepas beban-beban itu sebelum waktunya berpindah, kenapa aku masih sungkan, hanya menakar diriku sepertinya masih mampu. ._.
Hmm

Maafkan Rek

Aku khawatir tak bisa membalas cinta kalian semua dengan yang seharusnya.. Karena mencintai itu sunnah, sedangkan membalas cinta hukumnya wajib (cak nun,2018)
 

Reddish Pink Template by Ipietoon Cute Blog Design