Jumat, 01 September 2017

Takbiran Keliling

Maciaat buk :)
 Coba tebak itu gambar apa? Mobil wkwk ya iyes lah ya.. wkwk.. Gambar-gambar ini nyeritain serunya takbiran keliling di kelurahan Dinoyo tempat desa ayas. Nah ini pertama kalinya lo aku liat takbiran keliling wkwk biasanya aku insider dalem rumah aja.. Sebenernya pas mau ikut itu aku uda siap, tapi aku ketiduran abis solat magrib jadi para rombongan rt uda pada berangkat wkwk. 
Bisa dilihat macem-macem mobil karnaval, pemirsa. Ada yang pake lampion bentuk bintang, pake dekorasi bali, trus bikin replika onta! lucu banget wkwk

Trus trus... Gimana nih maen musik sambil takbiran kok kayaknya gak islami banget?
Maaf neng, abang. Inti dari islam adalah menyampaikan kebaikan untuk menyeru kebaikan membuat kita lebih baik dan orang lain lebih baik. Dan apa musik itu nggak islami? Kenapa kok pakek takbiran keliling segala?

Inilah cara islam menyebar dengan cara yang damai dan menghargai budaya lokal. Budaya atau kebiasaan masyarakat asli itu adalah identitas seseorang, selama tidak merusak batin kita dan kesucian hati kita ya tidak masalah. Musik yang justru intinya bisa mengajak kita taat itu baik. Seperti kata Mbah Yai pengasuh pondok Tegalrejo "Maksiat yang mengantarkan taat lebih baik daripada taat yang menghasilkan riya"

dan ada juga kalam ulama "Ambillah yang baik dari nilai yang baru, dan pertahankan nilai baik yang ada sebelumnya". 

Dengan cara ini Islam itu bisa tertanam di hati kita, menjadi manusia yang menyayangi dengan menghargai kesukaan orang lain. Coba bayangkan, kalau kita kafirkan musik, hidup jadi serius terus, tanpa seni, hidup terasa kaku. Kita jadi benci orang yang muter musik, meskipun misalkan dia baik, suka menolong, tidak sombong, rajin menabung. Eh. wkwk

Jadinya kalau kita benci dia, dia benci kita, mana islamnya? Apa islam mengajarkan kita menebar kebencian? Padahal justru islam mengajarkan kita jangan merasa lebih baik dari orang lain. Buktinya Alloh bilang "Siapa yang rendah diri, Aku angkat derajatnya. Siapa yang somboh, Aku rendahkan derajatnya." :) Jadi aku pun mulai baru ikut acara beginian wkwk ^^

lampionnya macem2, kayak kincir angin yang belakang itu

0 comments:

Posting Komentar

 

Reddish Pink Template by Ipietoon Cute Blog Design