Sabtu, 05 Agustus 2017

Berskripsi

Kalau be-kerja mengandung arti melakukan, maka demikian juga untuk berskripsi, melakukan skripsi. Alhamdulillah setelah berkali-kali ganti judul dan pada akhirnya menggunakan judul ini, cukup banyak hal yang aku pelajari. Pertama, konsep soft power yang banyak diperdebatkan oleh peneliti hubungan internasional, membuatku semakin banyak membaca kenapa aku harus kembali yakin dengan konsep ini. Tak cukup disitu, dengan merefleksi pada fenomena yang ada, membuatku berpikir dan tidak gampang mengiyakan beberapa teori tentang soft power. Ketika soft power sebagai resource, konversi, dan outcome seringkali menggunakan istilah yang sama, ayas jadi belajar dan berpikir apakah benar proses nya demikian dan apa yang harus diperbaiki dalam menggunakan istilah ini. Kehati-hatian dalam menggunakan istilah akan mempermudah orang agar dapat memahami bacaan dan pemikiran kita.

Kedua, lebih jauh lagi, tanpa disangka ketika memilih kata Pengaruh, pendekatan soft power yang aku gunakan adalah tingkatan lanjutan dari teori soft power yang dikembangkan Joseph Nye. Meskipun pada akhirnya harus membuang kritik terhadap teori tersebut, Alhamdulillah karna sebelumnya menggunakan kritik, dosen ayas menyarankan dua pilihan, membaca semua kritik yang ada, memasukkannya atau membuangnya sama sekali. Saat menjalankan pilihan pertama. Alhamdulillah pengetahuan ayas jadi bertambah. Betapa metode tentang konsep yang diperdebatkan ini lebih banyak mengandung perdebatan lagi dan lagi. Sehingga pada akhirnya ayas membuang semua kritik dan Alhamdulillah menemukan pemikiran Nye sendiri tentang pengukuran pengaruh itu.
Entah bagaimana kelanjutannya nanti. Sembari mengerjakan ini itu, semoga skripsi ini bisa bermanfaat bagi ayas, dan semua pembacanya.

0 comments:

Posting Komentar

 

Reddish Pink Template by Ipietoon Cute Blog Design