Sabtu, 19 Agustus 2017

Bulan dan Matahari

Jika bumi mengitari matahari untuk siang dan malam
Maka haruskah aku mengitari usia untuk hidup dan mati
Jika rotasi berbalik jarum jam
Maka kebalikannya membuat semua tak semestinya

Maka ke manakah rotasiku selanjutnya?
Ketika cahaya matahari dan bulan sedang terangnya
Ketika dua arah menarik sama kuatnya

Barangkali arah ini terbalik
Tetapi mengapa membaliknya membuat awan hujan
Mendung dan gerimis pelan pelan
Tak takutkah awan itu
Pada fatwa hening
Cahaya matahari dan silaunya
Membakar pelan-pelan

Sesekali bulan itu mendamaikan
Tapi fatwa tak mengizinkan
Bumi yang runtuh mengitari bulan

Terkadang puitis itu menjijikkan
Terkadang puitis itu menyenangkan
Terkadang puitis itu menyedihkan
Ah semua hanya terkadang
Yang tercipta dari radang
Rasa yang tak ingin diemban

Malang, 19 Agustus 2017

Rabu, 16 Agustus 2017

Selamat Hari Pramuka

#EdisiLatepost
Uda dua hari yang lalu sih. Tapi gapapa kan ya.. Selamat ulang tahun Pramuka :)

Sabtu, 05 Agustus 2017

Berskripsi

Kalau be-kerja mengandung arti melakukan, maka demikian juga untuk berskripsi, melakukan skripsi. Alhamdulillah setelah berkali-kali ganti judul dan pada akhirnya menggunakan judul ini, cukup banyak hal yang aku pelajari. Pertama, konsep soft power yang banyak diperdebatkan oleh peneliti hubungan internasional, membuatku semakin banyak membaca kenapa aku harus kembali yakin dengan konsep ini. Tak cukup disitu, dengan merefleksi pada fenomena yang ada, membuatku berpikir dan tidak gampang mengiyakan beberapa teori tentang soft power. Ketika soft power sebagai resource, konversi, dan outcome seringkali menggunakan istilah yang sama, ayas jadi belajar dan berpikir apakah benar proses nya demikian dan apa yang harus diperbaiki dalam menggunakan istilah ini. Kehati-hatian dalam menggunakan istilah akan mempermudah orang agar dapat memahami bacaan dan pemikiran kita.

Kedua, lebih jauh lagi, tanpa disangka ketika memilih kata Pengaruh, pendekatan soft power yang aku gunakan adalah tingkatan lanjutan dari teori soft power yang dikembangkan Joseph Nye. Meskipun pada akhirnya harus membuang kritik terhadap teori tersebut, Alhamdulillah karna sebelumnya menggunakan kritik, dosen ayas menyarankan dua pilihan, membaca semua kritik yang ada, memasukkannya atau membuangnya sama sekali. Saat menjalankan pilihan pertama. Alhamdulillah pengetahuan ayas jadi bertambah. Betapa metode tentang konsep yang diperdebatkan ini lebih banyak mengandung perdebatan lagi dan lagi. Sehingga pada akhirnya ayas membuang semua kritik dan Alhamdulillah menemukan pemikiran Nye sendiri tentang pengukuran pengaruh itu.
Entah bagaimana kelanjutannya nanti. Sembari mengerjakan ini itu, semoga skripsi ini bisa bermanfaat bagi ayas, dan semua pembacanya.

Keliru Nyari Toko

Alhamdulillah :)


Setelah sekitar satu jam muter-muter di sekitar alun-alun kota Malang buat cari makan dan alat tulis, akhirnya aku balik ke kampus dengan tangan kosong.wkwkwk. Nggak lucu sih.. Tapi aku jadi merasa sadar akan sesuatu. Ternyata di tempat yang punya pasar besar, gajahmada, matahari, ramayana dan alun-alun itu nggak ada tempat yang recommended buat beli alat tulis yang murah dan menyenangkan. Padahal aku cuma nyari kertas kado. wkwk. Tapi bahkan di salah satu toko alat tulis di sana malah nggak ada. Hihi. Jadi teringat satu momen pas di sekitar sana nyari yang namanya rental ngeprint. Di sekitar mergan dan sukun dan klojen pucuk. Masyaa Alloh ga ada wkwk. Ada pun nemu satu tempat ngeprint harganya 1500 per lembar meskipun cuma atasnya aja yang berwarna. Alhasil Rp 60.000 melayang wkwk dan dompet langsung kosong. Parah banget. Sejak saat itu juga ngerasa banget lebih mending di daerah sekitar kampus kayak UM, UB, UIN banyak banget rental printer murah cuma 200 rupiah kalau warna. Dan yauda deh, lain kali nggak cari rental print ke sana. 
Entah kenapa di tempat yang banyak toko-toko menumpuk di sana, yang bisa ditemukan hanya sepatu dan baju dan plastik dan sesuatu yang grosir dan toko parfum atau toko arab. Mungkin di sisi lain kota Malang secara nggak disadari memiliki pemetaan barang-barang yang dijual di beberapa daerah tertentu. Semisalkan alat tulis tadi. Jangan sampai cari di sekitar pasar besar jelas susah banget ketemunya. Dan jangan cari gilingan kopi di daerah kampus. Jadi kesimpulannya sekiranya aku keliru banget tadi jalan-jalannya hehehe.Say hello to panda aja wes lah :)
 

Reddish Pink Template by Ipietoon Cute Blog Design