Minggu, 08 November 2015

Respecting Diversities

In Indonesia, there are a big number of religious organization among youth with different characteristic. I become the one who try to get in one of that religious org, Firstly i see there still a lot of beginners of religious org member feel a lil bit confuse about how to face other orgs and think which is the most true. They see one by one and try to join them all. Finally, as the time goes on and I learn something when I'm being at the core board that

It doesnt matter when there are a lot of youth religious organization growing. No matter what to choose. The matter is that they increase society awareness on religion.

Where to stand? When there is a different way of thinking?

Learn. We have to really-learn about both of sides. Then after really feeling that you've found the real-thing you look for, decide your position.

When you have a position, Do the best for it, and always keep learning :)

Despite of writing this post, I hope i can practice it by myself :) Thats learning.

Senin, 02 November 2015

Saatnya membeli buku INDONESIA :)

Sore semuanya. :)
Makasih banyak sudah mau baca tulisan saya yang sangat spam :D
jadi hari ini saya ceritanya mampir ke kamar kos teman saya. Temen satu jurusan yang saya perlu belajar darinya. Begitu saya mampir ke kamarnya, saya ngobrol ke sana ke mari, ke utara-selatan, barat-timur, tapi bukan yang ga manfaat insyaa Allah hehe
Jadi kami berdua habis UTS hari ini dan luar biasa UTS yang mengolahragakan jari-jemari dan its amazing karna saya gak nyangka akan seperti itu karna biasanya saya ngerjakan UTS ya ngga sampai bikin jari saya berotot kekar :D Subhanallah deh pokoknya

Setelah cerita-cerita UTS yang WOW sekali dan Subhanallah sekali ngga diduga, temen saya ini bilang kalo dia abis dari toko buku. Ya saya sih bukan masalah dia pergi ke toko buku. Saya bolak-balik bukunya dan Subhanallah saya amazed lagi , itu buku uda bahasa indonesia bagus banget isinya :D mantaps deh.

"Mbak ini bagus bangeeeet. Berapa an?" tanyaku
"Cuman 15 ribuu :D" jawabnya
"Ah serius, beneran ini? Jadi pengeeeenn... "

Beneran deh. Aku uda kayak orang kelaperan 3 hari ga makan trus liat makanan di depan mata. Pengen banget. Yah mungkin ada yang bertanya-tanya kenapa aku heboh banget kayak ga pernah liat buku.

Jadi pertama aku menyadari kalo efek keseringan cari resource bahasa inggris dan bahasa asing lainnya jadi bikin aku skeptis sama bacaan bahasa indonesia. Menurutku (jujur) biasanya ngga lengkap, atau kurang bagus cara bahasan.nya. Nah gara-gara itu deh aku ga pernah dan jarang banget nyentuh toko buku lagi karena bacaan HI juga susah cari yang indo yang bagus. jadi aku pikir sekalian inggris aja, di e-book uda bejibun deh

Tapi ternyata persepsi itu kliru untuk saat ini. Oke digarisbawahi "untuk saat ini" karena aku sadar tulisan yang bagus itu juga karena perantara penulisnya. Sekarang mungkin para penulis lagi semangat nulis research dan publish it with bahasa. Hopefully ke depan semakin bagus, dan ga cuma topik HI aja, but also satu topik lain yang aku suka

Wah feels lovely :) :) :) books.


But meskipun aku suka buku in some condition, tentu tetep ga lupa dg pentingnya seorang teman :)
thats all i capture in my cover photo facebook. What i love, my passion on them! :)




Kamis, 24 September 2015

Ulama brings the light from Prophet Muhammad pbuh :)

Mereka adalah orang yang mengajarkan manusia akhlak Nabi dan orang2 sholeh, tak hanya ucapan namun juga perbuatan ..
Semoga Allah selalu menunjukkan kita pada jalan beliau, mencintai Allah, Rasul-Nya dan para kekasih-Nya. :)








Rabu, 23 September 2015

Hello my dusty blog , hehe

After long time not writing casually in this old blog, i feel i have to exercise my writing again maybe from diary-writing. Such writing actually is important to give any writer a good skill in communicating his idea and feeling, even with a lot of different styles. :)

Rabu, 16 September 2015

Mimpi

Sebuah daun muda
tertiup angin di ujung ranting yang rapuh
Matanya sayup
Mimpi tentang ulat dan jatuh
atau tentang menetap dan menghijau
Sesekali seseorang menyirami pohon itu
Tegaplah ia
lalu menutup mata kembali

Rotasi surya jemu dirasa
Sesekali ia cerah sesekali tidak

Riuh kehidupan menimbun wujudnya
Ah, ia tak perlu berharap banyak
Hanya mencoba tegap
dan berharap

Malang, 16.9.2015

Krisis Migran Eropa (Part I)

Hai bloggers, selamat malam, salam semuanya :)
Semoga setiap waktu kita bermanfaat.
Malam ini, i want to share a draft of my writing. Masih awal dan yah ini pun belum selesai. Butuh masukan dari temen2 nih.
Everyone, kalau ada yang minat terkait krisis migran Eropa please join this session. :)

https://www.academia.edu/s/6c7dbb1e9c


Sabtu, 25 April 2015

EMOSI

Aku hanya berusaha bermanfaat buat orang lain meskipun apa yang ada dalam diriku membuatku tidak memiliki tempat diantara yang lainnya. Hanya Dia yang akan dan bisa membuatku bahagia selalu dengan semua pemberiannya yang sungguh luar biasa kepadaku.

Aku berusaha melakukan yang terbaik, bahkan aku sampai pada titik ini. Lalu mereka tidak melihat. Ya memang manusia terkadang buta. Tidak tahu seberapa yang aku rasakan untuk melakukan suatu hal dan mereka menganggap remeh lalu pergi. Tahukah apa yang ingin aku katakan? Aku tidak butuh kalian yang demikian. Hal yang membuatku mendekat adalah aku harap kalian menjadi saranaku melakukan kebaikan dan mendekat padaNya, dan barangkali menjadi teman. Tapi harusnya aku paham sifat buruk manusia dan tidak selamanya mereka seperti apa yang kita harapkan. Mereka bukan robot yang kita miliki. Mereka adalah makhluk Tuhan yang berkeliaran dengan akal dan hati mereka.

Aku saat ini hanya butuh penguatan untuk menghadapi tekanan yang belum pernah aku hadapi. Aku berusaha belajar menjadi lebih tegar, lebih kuat, lebih bermanfaat dan tanpa pamrih. Aku terkadang bukan orang lugu dan bisa saja aku kejam jika aku mau. Hanya saja sifat rahmatNya menghalangi aku untuk berniat buruk pada manusia.

INOVASI SEDERHANA MAMPU MENGUBAH DUNIA


Penulis : Kurnia Islami
Tema : Fire

Krisis Energi dan Perspektif Belanda
Setiap tahunnya sekitar 3200 PetaJoule (PJ) atau 278.000.000kW energi dibutuhkan dan digunakan semua kalangan di Belanda.[1] Konsumsi ini dapat dikatakan cukup besar dan untuk memenuhinya, tidak kurang dari separuh energi ini di impor dari negara lain. Ini menandakan bahwa ketersediaan energi di Belanda belum mampu memenuhi kebutuhannya sendiri. Padahal konsumsi energi semakin meningkat setiap tahunnya bahkan diperkirakan menjadi 3500-3800PJ di tahun 2020 dan persediaan energi di dunia seperti minyak bumi dan gas tidak bisa dipastikan tetap tersedia karena pada dasarnya merupakan sumber daya yang tak terbarukan. 
Grafik 1.1.
Sumber : https://life.llnl.gov/why_life/index.php
Grafik 1.1 menunjukkan adanya ancaman terhadap persediaan energi seperti minyak bumi di tahun 2040-an. Selain itu, negara-negara maju mulai menyadari perlunya menurunkan tingkat ketergantungan pada sumber energi tak terbarukan dan beralih pada energi yang selalu ada, tersedia dan terbarukan. Demikian pula pemerintah Belanda mulai berusaha mencari alternatif produksi dan konsumsi energi melalui kebijakan pemerintah tentang lingkungan serta mendukung berbagai inovasi energi.
Satu perspektif yang menarik dari Belanda adalah bahwa inovasi lingkungan tidak selamanya mengorbankan ekonomi sebagaimana yang dipahami selama ini oleh banyak orang. Pemerintah Belanda memandang bahwa inovasi lingkungan terutama pada sektor energi dapat membuka lapangan pekerjaan, bahkan membuka peluang Belanda menjadi produsen teknologi ramah lingkungan di pasar regional hingga global sehingga dapat meningkatkan perekonomian nasionalnya.


Belanda sebagai Negeri Inovasi
Belanda sangat aktif dalam mengembangkan inovasi di bidang energi terutama memproduksi energi alternatif dalam kapasitas besar dan bersemangat untuk menjadi pemain global utama dalam menginisiasi berbagai teknologi energi terbarukan. Pemerintah menyatakan pula targetnya untuk menurunkan produksi 96 juta ton emisi gas rumahkaca[2] melalui peningkatan inovasi energi ramah lingkungan. Pencapaian target ini tentunya sangat membutuhkan peran penelitian dan pengembangan sistem energi. Oleh karena itu pemerintah sangat mendukung lembaga penelitian seperti ECN (Energy research Centre of the Netherlands), TNO (The Netherlands Organization for Applied Scientific Research), SEAC (Solar Energy Application Centre) dan sebagainya.[3]

SolaRoad, Jalan Raya sebagai Solar PowerBank
SolaRoad Sumber : twitter.com
Inovasi energi alternatif Belanda salah satunya berfokus pada energi matahari ketika terjadi peningkatan eksplosif pada penggunaan tenaga matahari di negara oranye ini[4]. Pemanfaatan energi matahari sendiri jika kita amati sebenarnya merupakan bentuk pemanfaatan energi terbarukan yang paling sederhana sebab tidak memerlukan proses yang rumit untuk mengubahnya menjadi tenaga listrik, cukup dengan menggunakan panel surya yang dihadapkan pada terik matahari.
Pada umumnya kita menemukan panel surya diletakkan di atap-atap rumah ,perusahaan energi, atau di atas lampu penerangan jalan raya. Padahal terik matahari sebenarnya tidak hanya mengenai permukaan-permukaan tertentu. Faktanya terik matahari mengenai seluruh permukaan bumi selama tidak terhalang langit malam serta iklim dan cuaca yang menghalangi sinar matahari. Oleh sebab itu tidak sepatutnya sumber energi satu ini ditelantarkan begitu saja.

Solar Roadways.  Sumber : solarroadways.com
 Bagaimana cara menangkap dan memanfaatkan energi surya ini sebanyak-banyaknya? Belanda memiliki SolaRoad sebagai inovasi pertama didunia yang meletakkan panel surya di jalur sepeda dengan dilapisi kaca tembus cahaya setebal 1 cm. Nah perbedaannya dengan Solar Roadways, fungsi SolaRoad adalah memproduksi energi untuk kebutuhan rumah tangga dan transportasi. Sementara energi yang dihasilkan Solar Roadways hanya digunakan untuk menerangi jalan di malam hari. Oleh sebab itu tak mengherankan jika SolaRoad adalah teknologi pertama di dunia yang memanfaatkan jalan raya sebagai media penghasil energi listrik yang dapat dirasakan manfaatnya bagi semua orang.


Konsep SolaRoad Sumber : inhabitat.com

Cara kerja SolaRoad adalah menangkap sinar matahari melalui panel surya di jalan dan menyalurkannya pada tempat yang membutuhkan energi seperti di rumah ,lampu jalan raya, atau transportasi elektrik yang melintas. Ide yang cukup sederhana namun menghasilkan banyak energi. Bayangkan jika teknologi SolaRoad ini digunakan pada daerah yang terik seperti di negara Afrika Utara atau kota-kota di Indonesia yang seringkali tertimpa terik matahari maka akan meningkatkan produksi energi bahkan memungkinkan ekspor energi yang tentu akan berdampak baik bagi ekonomi nasional. Media Guardian mengatakan
“If all the roads in the US were converted to Solar roadw ays , the Solar Roadways website claims , the country would generate three times as much energy as it currently uses and cut greenhouse gases by 75 percent.”

Kerusakan Lapisan Kaca SolaRoad. Sumber : twitter.com
Tentunya masih ada beberapa kekurangan yang harus diperbaiki dalam inovasi SolaRoad. Pertama, energi yang dihasilkan SolaRoad masih lebih rendah 30% dibandingkan dengan panel surya yang dipasang di atap rumah.[5] Sehingga efisiensi SolaRoad perlu ditingkatkan. Kedua, ketebalan lapisan kaca yang digunakan belum cukup resisten terhadap resiko kerusakan jalan yang dapat merusak kinerja panel surya. Ketiga, besarnya biaya pemasangan panel surya sebab teknologi yang masih terbilang baru.

Apabila kekurangan tersebut dapat diatasi, SolaRoad dapat menghasilkan energi dalam jumlah besar. Bahkan lebih jauh ketika biaya yang dibutuhkan untuk pemasangan berkurang, SolaRoad dapat dipromosikan dan diaplikasikan di banyak negara termasuk negara berkembang yang kaya terik matahari dan bermasalah dengan persediaan energi sebab teknologi ini sebenarnya memiliki cara kerja yang sangat sederhana karena tidak ada elemen yang bergerak dan tidak memerlukan operator sehingga sangat mudah digunakan. Oleh sebab itu pengembangan teknologi SolaRoad sangat penting bagi Belanda dan dunia. Bagi Belanda, SolaRoad dapat meningkatkan produksi energi, mengurangi impor energi, meningkatkan perekonomian dan menaikkan Belanda menjadi global player dalam mempromosikan inovasi energi terbarukan. Bagi dunia, SolaRoad dapat menjadi solusi negara berkembang kaya terik matahari dalam mengatasi keterbatasan persediaan energi sehingga dapat meningkatkan perekonomian. Lebih dari itu, jika teknologi ini diaplikasikan di banyak negara, akan mengurangi emisi gas rumahkaca global secara drastis sehingga kita semakin berteman dengan lingkungan. :)




[1] Energy Innovation Agenda, The Netherlands : A Country for Innovation, hlm.9
[2] Ibid
[3] Solar Magazine September 2013, PVSEC Paris
[4] Erwin van Heijiningen, A World without National Grid Coupling, Solar Magazine September 2013, PVSEC Paris, hlm 20
[5] Peggy Kissinger, Solar Panels and New Technology: “World’s First Solar Panel Road Open to
Public” (http://legacyblog.empowernetwork.com/profile/Inspired-Journey) November 11,
2014 diakses 25 April 2015

Minggu, 12 April 2015

Flowers


Dan tangkai bunga-bunga itu saling bertanya "akan kemanakah kita setelah ini? kita hanyalah sesuatu yang dilihat sesaat keindahannya lalu ditinggalkan ketika masa kita telah habis." :')

Bunga itu indah. Tentunya selain bunga venus, atau bunga bangkai mungkin. Hehe. Sayangnya bunga itu tidak akan bertahan lama, akan layu lalu dilupakan. Barangkali dia memberi isyarat pada kita tentang sesuatu dalam hidup kita yang tidak abadi keindahannya. :')

:)

Tidak kutemukan sesuatu yang lebih menentramkan hati selain mengingatMu
Tidak kutemukan cahaya yang lebih indah selain cahayaMu yang menerangi hatiku

23/6/1436H

Senin, 09 Februari 2015

Keutamaan dzikir talkin dan bersyukur meskipun mendapat musibah

Habib Novel bin Muhammad Al Idrus Solo
27 Jumadil Akhir 1435H -

Kita diciptakan tidak lain adl untuk ibadah kpda ALLAH - Maka harusnya tujuan kita adalah ALLAH. Tapi lisan kta, hati kita sering lupa sama ALLAH. Jadi sering menduakan ALLAH. Na'udzubillah min dzalik. Jika ini terus berlangsung, maka saat dicabut nyawa, ALLAH tak ada di hati kita. Makanya para 'auliya sholihin selalu mmbacakan talkin saat majlis. Semua toriqoh itu selalu menjadikan dzikir LAA ILAHA ILLALLAH sebagai dzikir yang utama, dzikir yang dibenci setan.
Saat nya dzikir ini dihidupkan di rumah, masjid, lisan , hati, majlis. Jadi saat ditanya "man robbuka", akan dijawab dengan lantang "Laa ilaha ilallah".
Saat ditakutin orang bhwa kamu tak bisa dpt rezeki, dll jawabnya "Laa ilaha ilallah." Maka syukuri nikmat yang diberikan ALLAH apada kita yang mna qta telah diberi kalimat tauhid. Kalimat yang mengukir arsy ALLAH.
Maka hati yg terukir kalimat Laa ilaha illallah.hati itu akan bercahaya. Bahkan orang ahli maksiat yang mengucap laa ilaha illallah, akan membuka tabir hati dan cahayanya lebih terang dari matahari. Maka SYUKURI NIKMAT yang ada.
Umar bin Khattab dalam Ihya ulumuddin, berkata "Saya kalo kena musibah saya temukan ada 4 nikmat disitu." Kita aja dikepruk bata malah ngucap "aduh."
[Wajib cinta ke umar bin khattab, beliau mertua Rasulullah saw. ... ]
"Nikmat : 1. Alhamdulillah cuman musibah dunia. *) Musibah akhirat itu harusnya di perhatikan, direnungi, sedih karna itu. Misal dalam kitab ihya: para salaf kalo 1 kampung 1 orang ketinggalan ketinggalan takbir. Maka sejak hari itu 3 hari itu main ke rumah nya "Saya turut berduka cita". Pandangan yang tidak halal baginya, itu musibah!!! >_<
 2.Liat orang yang dapat musibah lebih besar.
3.Liat bhwa derajat kita naik disisi ALLAH
4. Alhamdulillah ALLAH mengaruniai aku RIDHO ketika dapat musibah. Semua yang tidak enak, adalah proses ALLAH mengangkat derajat kita.

Cerita anak muda yang diangkat raja jadi pnasihat utama.
*)orang harus punya pnasihat u/ tahu dirinya sndiri. Pnasihat trbaik adlah musuh kita(Imam Ghozali) Pnasihat mahal harganya Anak itu bijak, suatu hari diajak berburu. Pas Raja itu ngeluarin pedang karena ceroboh, jarinya 2 putus.. Anak muda itu "kondisi ini yang terbaik untuk baginda." Marah itu raja, nyemplungin anak ini ke sumur. Terus raja itu ketemu kaum barbar yang nyembah gunung, nyari tumbal. Maka Raja itu mau dijadiin tumbal. Pas diliat, jarinya ini 2 putus, tidak jadi tumbal. Maka bersyukur itu Raja. Ia balik ke tengah hutan. Dan mengeluarkan anak muda itu. Dan anak itu "tidak perlu minta maaf sama saya."
 Semua hal itu adalah yang terbaik untuk kita. Ngga punya duit harus disyukuri. Masih punya istri/suami. 

Cerita Mbah Bariq.
DI SOLO ada kiyai namanya kyai mubarriq (julukan yg artinya : kulkas) hidupnya sukanya pengajiaan terus, pake alat dengar. Kalo ktemu orang ceramah teriak alhamdulillah . gitu terus. "Saya liat anda mesem2 kalo liat orang ceramah ?" "Saya seneng liat orang yang masih menyampaikan ilmu,.. Alhamdulillah..:D" Makanya harus ambil manfaat dari ceramah, jangan cari kekurangannya.
Mbah itu mancal 10kilo. ALHAMDULILAH. Mobil parkir diselip smua, ngga usah helm, nggak ditilang.

Amalan talkin menghilangkan kotoran dari diri kita. Orang2 yang punya bashiroh bisa melihat itu.

Bagaimana Rosulullah dalam rumah, di luar rumah dan di majelis beliau

Syamailir Rosul - Yusuf bin Ismail An Nabhani
7 Jumadil Akhir 1435H
1. Rasulullah dalam rumah
2. Diluar rumah
3. di majlis beliau

 I. Adapun beliau saw. apabila pulang ke rumah beliau, beliau membagi waktunya menjadi 3 bagian. Pertama untuk ALLAH, kedua untuk keluarga ketiga untuk dirinya. Kemudian beliau membagi bagian ketiga itu untuk dirinya dan untuk sahabatnya. Maka beliau saw diwatu beliau menerima sahabat khususnya, kemudian untuk disampaikan secara umum bagia shabat lainnya. "Hendaknya kalian menyampaikan kpada yg lain yg tdk hadir" dan rasulullah saw. tidak mnymbunyikan apa pun. Dan sahabat prgi ke rumah rasulullah saw karna ada urusan mndesak, dan keluar dari rumah beliau saw. dalam keadaan hajat mereka terpenuhi.

 II. Kemudian imam husain bertanya pada ayahnya tentang bagaimana rasulullah saw di luar rumah beliau. "adapun rasulullah saw.ketika di luar mah, snnatiasa mnjaga lisan beliau kecuali terhadap hal yg mnjadi tanggung jawab beliau. Selain itu beliau tidak banyak komentar, tidak rassan2, tidak adu domba, tidak banyak mnilai. Dan beliau saw. mmbntangkan kasih sayangnya pada sahabat dan tidak mnjadi sosok yg mnakutkan. dan ktika beliau brtemu tokokh masy, beliau juga memuliakan org tsb dihdapan sahabat n orang2nya. dan bliau mnanyakan sahabat yg tidak hadir di majelis beliau. Dan beliau saw. bertanya apa yang sedang terjadi di msyarakat, "update". dan beliau saw. juga menyatakan ssuatu itu baik bila baik, dan mndukung kbaikan itu, dan jika ad yg buruk, bliau mngatakan itu buruk dan mmrintahkan mninggalkan kburukan itu. Rsulullah brlaku adil dan tidak mgkin dlolim. Tidak berbuat yg kontroversial. (jgn cari popularitas). Dan dimajlis beliau saw. para sahabat mmuliakan org yg lbih tua dan mnyayangi yang lebih kecil, yg lebih muda, dan mreka mmberi kpda orang yg mmbutuhkan. mndahulukan orang lain yang butuh,mskipun dya juga butuh. dan di majlis beliau, orang2 asing, tamu2 dimuliakan dan dijaga."

 Insya Allah mulai hari ini kita jadikan majlis kita mirip majlis Rasulullah saw. - Hb Taufiq bin Muhammad Baraqbah

Syarat mendapatkan rahmat Allah

19 Robiul Tsani 1436H
KH Abdul Wahid Ghozali
Jika ingin rahmat Allah syaratnya :
1. Sayang pada diri sendiri. Sebagaimana pada hadist Nabi "Sayangi diri kalian, maka Allah akan menyayangi kalian." Bentuk sayang pada diri sendiri adalah taat pada perintah Allah : solat. taat pada sunnah Allah misalnya tertib lalu lintas supaya selamat, menghindari pantangan makanan yang dapat memicu penyakit yang dimiliki. Sunnah Allah adalah sesuatu yang logis, hukum rasionalitas alam.
2. Sayang pada sesama manusia "Barang siapa yang memerangi non-muslim yang tidak menyakiti muslim, maka dia benar-benar memerangi aku" sabda Nabi Muhammad saw. Bentuk lain sayang terhadap sesama manusia adalah rukun, tidak bertengkar, tidak merengut wajahnya, peduli dengan tetangga,peduli dengan lingkungan sosial (supaya tidak ada yang narkoba, dan kriminal lainnya), peduli dengan masjid. Sesungguhnya Allah menciptakan manusia berbeda-beda supaya saling mengenal. Diantara manfaat rukun adalah menarik rahmat Allah.
3. Menyayangi makhluk Allah "Irhamu man fil ardl, yarhamkum man fissamaa'" sabda Nabi Muhammad saw Sayangilah yang ada di bumi, maka kamu akan disayangi yang ada di langit.

*Niat penulis hanya menyampaikan ilmu yang didapat. Semoga Allah mnjadikan penulis mengamalkan ilmu yg didapatkan spya tdak sia2 ap yang disampaikan dan bermanfaat bg dirinya sendiri 
*Silahkan Share yang mau berbagi ilmu
 

Reddish Pink Template by Ipietoon Cute Blog Design